Info Sekolah
Selasa, 04 Feb 2025
  • SMP Negeri 2 Ambarawa mempunyai visi Unggul dalam Prestasi, Berbudi Luhur, Terampil, mandiri dan Berwawasan Global. Berpredikat sebagai Sekolah Adiwiyata serta Sekolah Ramah Anak
  • SMP Negeri 2 Ambarawa mempunyai visi Unggul dalam Prestasi, Berbudi Luhur, Terampil, mandiri dan Berwawasan Global. Berpredikat sebagai Sekolah Adiwiyata serta Sekolah Ramah Anak
19 Agustus 2024

Cara Belajar Efektif Dengan Teknik RWRQ

Sen, 19 Agustus 2024 Dibaca 26x

Cara Belajar Efektif Dengan Teknik RWRQ

Oleh: Drs. Hariyadi, M.Si.

Belajar  merupakan suatu proses dari seorang individu atau peserta didik yang berupaya mencapai tujuan belajar atau yang biasa disebut hasil belajar, yaitu suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Menurut Djamarah dan Zain (2010) : Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.

Dalam kegiatan belajar banyak faktor yang mempengaruhi, dimana ada beberapa kendala yang dialami atau dirasakan bagi peserta didik. Sekarang telah memasuki pertengahan masa belajar di semester gasal, namun upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar bagi peserta didik perlu untuk terus diupayakan bisa berlangsung secara efektif. Seperti halnya kegiatan dalam proses belajar bagi peserta didik di SMP Negeri 2 Ambarawa. Kemampuan dan sikap kemandirian anak dalam belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar peserta didik .

Dalam proses belajar, apabila seseorang peserta didik tidak mendapatkan suatu peningkatan kualitas dan kuantitas kemampuan, maka peserta didik tersebut belum dikatakan mencapai tujuan dari proses belajar. Untuk itu agar bisa mencapai tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dalam proses belajar yang dilaksanakan, saya sebagai guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Ambarawa menyampaikan artikel tentang cara belajar efektif.

 

RWRQ sebagai Cara Belajar Efektif

Selama ini sudah banyak cara belajar efektif yang kita ketahui dan juga sudah banyak diterapkan, yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan karakteristik materi atau bahan ajar setiap mata pelajaran. Salah satu teknik cara belajar efektif itu adalah teknik belajar RWRQ.

RWRQ  adalah singkatan dari Read, Write, Review, Question. Cara belajar efektif RWRQ penerapannya dalam belajar adalah sebagai berikut:

Read, membaca adalah bentuk aktivitas seorang peserta didik dalam belajar. Tanpa membaca kita tidak akan bisa dan mampu menguasai atau memahami materi pelajaran dengan baik. Baik itu membaca buku pegangan ataupun buku referensi yang bisa diperoleh dari berbagai sumber. Dengan aktifitas membaca maka diharapkan peserta didik mampu memahami materi bahan ajar dengan baik.

Langkah kedua yang harus dilakukan peserta didik yaitu write. Setelah peserta didik membaca materi pelajaran yang dipelajari, yang perlu dilakukan oleh peserta didik adalah menuliskan kembali hal-hal yang telah dibaca atau pelajari. Tulisan bisa dalam bentuk ringkasan, list atau paragraf, skema atau bagan sesuai dengan apa yang telah dibaca atau pelajari. Dalam langkah kegiatan ini juga akan diketahui tingkat penguasaan materi bahan ajar yang sudah kita baca atau pelajari dalam bentuk tulisan.

Selanjutnya langkah yang ketiga yaitu review. Dalam tahap ini peserta didik mencoba untuk mengulangi atau menyebutkan kembali apa-apa yang sudah dibaca tau dipelajari. Apakah materi atau bahan ajar yang dibaca sudah dikuasai dan dipahami atau belum. Apa bila materi atau bahan ajar itu belum dipahami, maka peserta didik bisa membaca kembali apa yang sudah ditulis (write) pada langkah sebelumnya.

Pada langkah yang keempat yaitu question. Pada tahap ini peserta didik menguji kepada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan tentang materi mata pelajaran yang dibaca. Pertanyaan bisa dari paket soal dalam buku yang dibaca, bisa dari Lembar Kerja  terkait materi yang dipelajari, atau bahkan pertanyaan-pertanyaan dari diri sendiri yang sekiranya akan muncul saat diujikan. Apabila peserta didik sudah mampu menguji diri dengan menjawab pertanyaan atau soal dari buku yang dibaca, dari lembar kerja atau pertanyaan yang dibuat oleh peserta didik sendiri, maka peserta didik bisa mengukur seberapa tingkat penguasaan materi atau bahan ajar yang dipelajari.

Teknik cara belajar efektif RWRQ ini bisa diterapkan bagi peserta didik dalam proses belajar, dengan harapan akan mampu meningkatkan efektivitas belajar sehingga terjadi pengingkatan dan penguasaan belajar peserta didik yang berupaya mencapai tujuan belajar atau yang biasa disebut hasil belajar, yaitu suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan semua peserta didik semangat dalam belajar untuk meraih cita-cita masa depan yang gemilang.

 

Drs. Hariyadi, M.Si. –  Guru BK SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tinggalkan Komentar