Dalam era digital saat ini, pembelajaran di kelas menuntut kreativitas dan inovasi agar siswa tidak cepat bosan dan tetap semangat belajar. Salah satu media interaktif yang semakin populer di kalangan guru dan siswa adalah Blooket. Blooket merupakan platform pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) yang memungkinkan guru untuk membuat kuis interaktif dengan berbagai mode permainan yang seru dan menantang.
Apa Itu Blooket?
Blooket adalah platform digital yang dirancang untuk membantu proses belajar dengan menggabungkan elemen permainan ke dalam materi pelajaran. Guru dapat membuat atau memilih kuis dari bank soal yang tersedia, lalu menyajikannya dalam berbagai mode permainan seperti Gold Quest, Tower Defense, Crypto Hack, dll. Siswa menjawab pertanyaan sambil bermain dan bersaing dengan teman-temannya secara real-time.
Mengapa Blooket Menarik?
Siswa tidak hanya menjawab soal, tetapi juga terlibat dalam strategi permainan. Hal ini membuat mereka lebih aktif dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.
Karena sifatnya yang kompetitif dan interaktif, Blooket mampu mendorong partisipasi seluruh siswa, termasuk mereka yang biasanya pasif dalam pembelajaran konvensional.
Guru dapat dengan cepat membuat kuis, memantau hasil siswa secara langsung, dan menyesuaikan konten sesuai kebutuhan pembelajaran.
Penerapan Blooket di Kelas
Dalam praktiknya, Blooket dapat digunakan sebagai pembuka pelajaran, penguatan materi, maupun evaluasi pembelajaran. Misalnya, dalam pelajaran IPA, guru dapat membuat kuis tentang Sistem Tata Surya, dan siswa bermain dalam mode “Tower Defense” untuk mempertahankan planet dari serangan meteor dengan menjawab soal secara benar. Materi “Klasifikasi Makhluk Hidup” dengan mode “Fishing Frenzy”. Dalam mode ini siswa menjawab pertanyaan dan mendapatkan blok yang tersangkut dengan tujuan memancing ikan dengan bobot paling berat untuk menjadi pemenang.
Media interaktif menggunakan Blooket membuat siswa tampak lebih antusias, aktif berdiskusi, dan tak sabar menunggu sesi bermain. Bahkan, siswa yang biasanya enggan bertanya kini lebih terlibat karena suasana belajar terasa menyenangkan. Ketika belajar terasa seperti bermain, siswa pun akan lebih termotivasi dan betah di kelas.
Penulis :
Ibu Farkhana, S.Pd. – Guru IPA SMP Negeri 2 Ambarawa
Tinggalkan Komentar